Artikel Terbaru

Cara Merawat Kesehatan Telinga agar Tetap Sehat


Cara Merawat Kesehatan Telinga agar Tetap Sehat
" Waduh... apa?", "Bisa ga diulang apa yang kamu  bicarakan tadi?", " Suaranya tidak terdengar", "Tolong agak keras bicaranya!". Kalimat ini sering terlontar dari bibir manakala seseorang merasa kurang nyaman dengan pendengarannya. Padahal, kondisi ini bisa dihindari jika saja Anda mau memelihara dan merawat kesehatan telinga.

Banyak orang kurang menyadari pentingnya fungsi telinga. Terlebih lagi, tanpa telinga, secara otomatis, seseorang menjadi bisu. Hal ini dikarenakan tidak ada suara yang mereka tangkap atau dengar.

Telinga pada dasarnya memiliki berbagai susunan dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebut saja daun telinga yang memiliki fungsi mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan diteruskan ke bagian dalam telinga yang akan dikirimkan ke otak. Dengan demikian, otak dapat menerjemahkan berbagai suara tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan dan merawat kesehatan telinga ini.

Lalu, bagaimana cara menjaga dan merawat telinga yang tepat? Langkah pertama, pastinya Anda harus menghindarkan telinga dari berbagai macam gangguan yang dapat merusaknya. Contoh yang paling sering adalah upaya menghindari berbagai suara yang memiliki tingakat kebisingan yang sangat tinggi. Suara-suara yang dimaksud adalah suara  musik ketika  konser sedang berlangsung atau suara mesin di pabrik.

Selain itu, ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan mendengar melalui earphone dengan volume maksimal. Alih-alih ingin mendengarkan musik lebih maksimal, hal ini malah merusak fungsi dan gendang telinga. Kalaupun terpaksa barada dalam kondisi lingkungan yang terlalu bising, sebaiknya Anda segera pindah ke tempat yang tidak bising. Bila perlu, Anda bisa menggunakan penyumbat telinga untuk mengurangi kerasnya suara yang masuk ke lubang telinga.

Beberapa penelitian juga menyebutkan kebiasaan merokok dapat mengurangi fungsi dan kualitas pendengaran. Satu hal lagi yang harus dihindari adalah membersihkan bagian dalam telinga dengan kapas telinga (cotton bud). Sebagian orang mungkin saja suka melakukan  hal ini karena merasa lebih bersih dan nyaman. Padahal, penggunaan kapas telinga hanya akan mendorong lapisan lilin yang berada di lubang telinga masuk lebih dalam dan menyumbat lubang telinga sehingga mempengaruhi kemampuan pendengaran seseorang.

0 Response to "Cara Merawat Kesehatan Telinga agar Tetap Sehat"