Artikel Terbaru

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar


Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar
Tidak ada yang bisa menyangkal arti pentingnya kesehatan. Bahkan, boleh dibilang, kesehatan merupakan harta yang tak ternilai. Harta kekayaan yang melimpah tidak akan mampu membuat Anda minikmati hidup jika penyakit sudah menghampiri. Oleh karena itu, penting sekali melakukan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan tubuh kita.

Menjaga kesehatan tubuh bukan hal yang terlalu sulit dilakukan. Anda hanya perlu melakukan pola hidup sehat dengan disiplin dan kesadaran tinggi bahwa tubuh juga perlu dirawat dan dijaga. Kualitas hidup di masa tua, Anda sendiri yang menentukan. Pastinya, Anda masih ingin bercengkerama bersama anak cucu di usia senja, bukan?

Memperbanyak minum air putih bisa menjadi salah satu solusinya. Harus diakui, tidak semua orang menyukai air tanpa rasa ini. Padahal, air putih adalan minuman paling baik dari semua minuman yang kita kenal. Lakukan kebiasaan minum air putih sekurangnya 6-8 gelas setiap hari untuk melindungi kesehatan ginjal dan saluran kemih. Bila perlu, Anda bisa juga menambahkan perasan air jeruk untuk membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

Agar tak mudah sakit, biasakan untuk selalu hidup bersih, termasuk menjaga kebersihan tubuh. Maklum saja, paparan debu sangat mungkin disertai kuman dan virus. Mandi 2 kali sehari, mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan area kamar mandi, menggosok gigi sewaktu bangun dan sebelum tidur, hingga merapikan tempat tidur adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan.

Aktivitas bekerja yang kerap menimbulkan rasa penat ada baiknya jika diimbangi dengan berolahraga. Sempatkan waktu setidaknya tida kali dalam seminggu untuk melakukan penyegaran dan berolahraga. Terlebih lagi pola hidup sehat dengan berolahraga sangat efektif bagi semua kelompok  umur. Sesekali tidak ada salahnya Anda pergi ke daerah pegunungan atau pantai untuk sekedar mencari suasana baru dan menghirup udara segar.

Asupan makanan juga perlu mendapat perhatian. Hindarilah menyantap nasi pada pagi hari dan mengganti dengan makanan yang berserat seperti sereal atau oatmeal yang dipadukan dengan potongan pisang atau stroberi. Biasakan juga mengomsumsi buah-buahan sebelum menyantap makanan utama. Konon, jika mengomsumsi buah-buahan setelah makan, energi yang berasal dari buah menjadi percuma dan hanya akan tersimpan dalam tubuh. Satu hal lagi, istirahat yang cukup untuk memulihkan kesegaran tubuh.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar"