Artikel Terbaru

Kesehatan Perut: Pentingnya Menjaga Saluran Cerna


Kesehatan Perut: Pentingnya Menjaga Saluran Cerna
Kesehatan pencernaan penting dijaga karena setiap hari makanan dan minuman diolah dalam organ yang satu ini  dan disalurkan ke seluruh tubuh untuk menjadi makanan  bagi organ yang lainnya. Terlebih lagi pola makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, kurang megomsumsi buah  dan sayur, serta terlalu cepat menelan makanan ikut berperan dalam terjadinya gangguan pencernaan.

Selain diare, gangguan pencernaan dapat berupa mual, kembung, nyeri pada uluhati, bahkan kanker usus yang timbul karena usus mengalami infeksi akibat bekerja ekstra keras sewaktu mencerna makanan yang kurang sehat.

Menjaga kesehatan pencernaan tak terlalu sulit dilakukan. Anda hanya perlu mengubah pola hidup dan makan yang selama ini dirasa buruk. Mengunyah makanan, misalnya, semakin lama kita mengunyah makanan, makanan itu semakin mudah dicerna  tubuh dan dapat menghasilkan enzim lebih banyak. Tak perlu sampai 32 kali, tetapi tidak kurang dari 10-12 kali agar makanan tidak membebani usus.

Untuk membantu sistem pencernaan, Anda juga perlu mengomsumsi makanan berserat. Bahkan, para pakar kesehatan sependapat bila makanan berserat juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung koroner, wasir, kanker usus besar, menormalkan kadar gula darah, dan menurunkan kadar kolestrol  di dalam saluran pembuluh darah.

Alangkah baiknya kebiasaan makan makanan sehat juga dibarengi dengan minum air putih yang cukup, minimal delapan gelas per hari. Maklum saja, sistem pencernaan bisa berlangsung sangat lambat bila Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air tidak hanya membantu pergerakan makanan, tetapi juga melarutkan makanan, mengatur konsentrasi makanan yang dicerna tubuh, dan membantu penyerapan zat gizi oleh tubuh.

Selain itu, ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan makanan dari kuman-kuman merugikan bila Anda tidak ingin mengalami diare. Ingatlah bahwa sistem pencernaan manusia sangat berkaitan dengan organ-organ penting di dalam tubuh. Oleh karena itu, terapkan pola hidup sehat dan selalu komsumsi makanan sehat secara teratur karena pencernaan yang sehat akan mendukung daya tahan tubuh Anda yang kuat.

1 Response to "Kesehatan Perut: Pentingnya Menjaga Saluran Cerna"