Artikel Terbaru

Cara Tepat Membersihkan Telinga


Cara Tepat Membersihkan Telinga
Anda yang suka berkunjung ke salon pastinya tidak asing lagi dengan istilah ear candle. Berbentuk kerucut panjang, ujung alat ini merupakan sebuah lilin berongga yang disulut api, sedangkan ujung satunya dimasukkan ke dalam telinga untuk membuang kotorannya. Tanpa disadari, ternyata alat ini memiliki risiko yang tinggi jika digunakan pada telinga. Jika tidak piawai menggunakannya, perawatan ini bisa menyebabkan cedera seperti terbakar, saluran telinga menutup, hingga gendang telinga berlubang. Lalu apa cara tepat yang bisa dilakukan untuk membersihkan telinga?

Menggunakan kapas telinga atau cotton bud yang banyak tersedia di pasaran untuk membersihkan telinga saja mudah dilakukan. Terlebih lagi rasa geli yang ditimbulkannya pun menimbulkan sensasi tersendiri. Namun, sebaiknya alat ini hanya untuk membersihkan lipatan bagian luar telinga. Bila nekat membersihkan telinga kapas, bisa saja tanpa sengaja Anda  malah mendorong  kotoran masuk lebih jauh, bahkan merusak gendang telinga. Membersihkan bagian dalam telinga sebenarnya sangat sederhana. Caranya adalah membiarkan air masuk ke telinga saat mandi, lalu miringkan kepala untuk membuang airnya. Hanya saja, Anda harus memastikan air yang masuk ke telinga adalah air hangat. Jika air yang digunakan terlalu dingin atau bahkan panas, hal ini hanya akan menyebabkan Anda mengalami vertigo.

Namun, jika air hangat juga tidak mempan karena kotoran telinga kering atau keras, ada baiknya Anda menggunakan earwax remover. Anda juga dapat mencoba memiringkan kepala ke satu sisi saat mandi dan memasukka beberapa tetes mineral atau baby oil ke dalam telinga. Tunggu 1 atau 2 detik untuk melarutkan kotoran, lalu miringkan kepala Anda ke sisi sebaliknya, sehingga kotoran keluar dari telinga.

Jika beberapa cara di atas belum juga memberikan hasil yang diinginkan, inilah saatnya Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk membantu membersihkan kotoran telinga. Dokter THT akan bisa melihat lebih detail serta memutuskan apakah ia perlu menyedot, mengorek atau meraih sesuatu yang tidak dapat membersihkan diri secara alami.

1 Response to "Cara Tepat Membersihkan Telinga"

  1. Toto: Titanium TV (Sonic) - Toto Wiki
    The Toto columbia titanium boots Toto brand is one of the babyliss pro nano titanium first to use the trademark Toto titanium jewelry trademark. The titanium plate trademarks on the SEGA Mega keith titanium Drive/Genesis do not include any trademark

    ReplyDelete