Artikel Terbaru

Cara Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala


Cara Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala
Sebuah berkah rasanya bila duduk dalam kereta Commuter Line yang meluncur saat jam pergi atau pulang kantor. Berdiri untuk jarak yang tak terbilang jauh mungkin masih bisa dimaklumi. Namun, hal tersebut akan menjadi sebuah siksaan bila orang yang berdiri di sebelah memiliki rambut yang menebarkan aroma kurang sedap. Kondisi ini akan membuat perjalanan terasa semakin lama dan menyiksa.

Ternyata, tak semua orang menyadari pentingnya menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Padahal, kulit kepala yang kotor tidak hanya menebarkan aroma tidak sedap, tetapi juga secara tidak langsung membiarkan berbagai macam bakteri dan kuman bersarang dalam rambut. Bisa dibayangkan, si empunya rambut akan selalu menggaruk dan merasa tidak nyaman dengan kulit kepala yang kotor.

Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, Anda perlu melakukan perawatan. Perawatan ini tak terlalu rumit dilakukan. Anda hanya perlu membiasakan diri melakukan rutinitas perawatan rambut. Pertama, keramas secara teratur menggunakan sampoo yang tepat untuk jenis rambut yang dimiliki. Keramaslah secara teratur minimal 2-3 hari sekali.

Selain keramas, creambath merupakan salah satu jenis perawatan rambut yang disarankan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan krim yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut dan dilanjutkan dengan pemijatan kulit kepala. Setelah itu, tutuplah kepala dengan handuk hangat selama beberapa menit.

Perawatan dari dalam juga penting dilakukan. Caranya, mengonsumsi makanan yang bergizi. Terapkan pola makan dengan gizi seimbang, terutama makanan yang mengandung protein seperti ikan, ayam, telur, sayur, kacang – kacangan, buah – buahan. Selain itu, penting juga menghindarkan diri dari stress karena hanya akan memberikan pengaruh negatif kepada tubuh dan tidak terkecuali kepada rambut. Stress yang dialami  seseorang akan memicu hormone di dalam tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak di kulit kepala sehingga rambut akan menjadi lembab dan mudah rontok.

Menyisir rambut ada baiknya sering dilakukan karena memiliki efek positif terhadap kesehatan rambut. Tanpa disadari, kegiatan menyisir rambut akan membuat suplai darah di bagian kulit kepala meningkat begitu pula dengan aktivitas sel-sel kulit kepala. Dengan perawatan yang ringkas, siapa pun bisa memiliki rambut dan kulit kepala yang sehat dan menebarkan aroma wangi. Tidak terlalu rumit, bukan??

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala"