Artikel Terbaru

Waspadai Pemicu Gangguan Pendengaran


Waspadai Pemicu Gangguan Pendengaran
Usia masih 30-an, tetapi sudah mengalami gangguan pendengaran? Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi. Kenyataannya, gangguan pendengaran bisa dipicu banyak faktor yang terkesan sepele. Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sehari-hari bisa memicu gangguan pendengaran. Begitu pula dengan resiko dari sejumlah penyakit. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa pemicu gangguan pendengaran.

1. Paparan suara bising
Tinggal di perkotaan dengan lingkungan yang serba bising oleh aktivitas banyak orang, suara klakson atau proyek-proyek bangunan bisa mempengaruhi sensitivitas telinga. Seseorang yang terkena paparan bunyi keras lebih dari 90 desibel secara terus-menerus selama bertahun-tahun rentan terkena gangguan pendengaran.

Anda yang gemar mendengarkan musik melalui headphone atau earphone sebaiknya juga berhati-hati. Intensitas suara yang dihasilkan earphone bisa mencapai 87-100 desibel. Jika suara ini diperdengarkan lebih dari 8 jam dan hampir setiap hari, bisa terjadi kemungkinan gangguan pendengaran. Sebaiknya Anda batasi penggunaan earphone atau headphone setiap harinya. Selain itu, aturlah volume yang tidak terlalu keras atau lebih pelan.

2. Komplikasi penyakit
Gangguan pendengaran bisa dipicu penyakit tertentu. Infeksi telinga tengah hanyalah salah satunya. Saat mengalami flu dan hidung tersumbat, sering kali pendengaran terganggu. Namun, ini hanya berlangsung sementara. Selanjutnya, gangguan pendengaran biasanya menghilang saat flu berangsur hilang.

Di luar itu, penyakit-penyakit seperti diabetes juga dapat dipicu gangguan pendengaran. Jika kadar gula darah tidak terkontrol, gangguan pendengaran bisa menyerang lebih cepat. Asosiasi Diabetes Amerika Serikat pada 2012 mengungkapkan, hampir 26 juta orang warga Amerika Serikat mengalami diabetes. Sebanyak 34.5 juta mengalami gangguan pendengaran yang bervariasi.

3. Komplikasi penyakit
Penyebab gangguan pendengaran lainnya adalah trauma dan kecelakaan. Kecelakaan bisa mempengaruhi fungsi berbagai organ tubuh, termasuk indera pendengaran. Benturan yang mengenai otak ataupun saraf bisa memicu gangguan pada pendengaran.

Aktivitas berenang yang berlebihan juga bisa memicu gangguan pendengaran. Infeksi akibat berenang terlalu sering terjadi akibat adanya air yang terjebak dalam lubang telinga, lubang telinga basah dan lembap dan bisa memicu pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab infeksi.

0 Response to "Waspadai Pemicu Gangguan Pendengaran"