Artikel Terbaru

5 Cara Mencegah Penuaan Dini (Bagian I)


5 Cara Mencegah Penuaan Dini (Bagian I)
Penuaan memang tidak bisa dicegah. Repotnya lagi, jika penuaan datang lebih cepat, Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Tentu Anda tidak bisa mengembalikan waktu dan menjadi muda kembali. Oleh karenanya, hidup harus ditata sejak awal, termasuk keputusan untuk hidup sehat, sebuah pilihan yang harus Anda ambil sendiri.

Muda dan cantik erat kaitannya dengan kesehatan seseorang. Rahasianya ada pada nutrisi dan gizi seimbang, olahraga teratur dan gaya hidup. Berbagai faktor yang merugikan, baik yang bersifat internal (obesiatas dan kesehatan gigi) maupun internal (pengaruh rokok, alkohol, obat-obatan dan polusi) harus diwaspadai. Sayangnya, beberapa gejala seperti cepat merasa lelah, cemas, tak bergairah, sulit tidur, mudah lupa, hingga tubuh yang mudah berubah bentuk, seringkali dilupakan.

Jelas sekali bahwa pola hidup yang kita jalani dan apa yang kita masukkan ke dalam tubuh akan mencerminkan penampilan kulit. Karena itu, jika Anda ingin memiliki kulit dan tubuh yang sehat serta tampak awet muda, ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Nah, bersiap-siaplah untuk segera menerapkannya!

Langkah 1. Kendalikan Stress
Tak ada hidup tanpa stres, baik fisik maupun psikis. Stres bisa datang kapan saja, bahkan tanpa kita sadari. Hal yang paling penting sebenarnya terletak pada bagaimana cara kita memanandang dan cara kita mengendalikannya. Saat ada tekanan hidup, kita memerlukan saat hening, bisa dengan berdoa, hypnoterpy ataupun bentuk meditasi lainnya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk duduk dan diam sejenak demi mengucap syukur kepada Tuhan.

Agar pikiran tidak didominasi  oleh tekanan yang berat, anda harus belajar bertoleransi terhadap kesalahan di luar. Abaikan hal-hal yang tidak penting, seperti gosip yang hanya mengganggu ritme hidup Anda. Ingat, kita perlu senantiasa menjaga kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa.

Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan adanya mekanisme yang menghubungkan jenis tertentu dari stres seluler dengan kerusakan otak serupa yang berhubungan dengan penyakit neurodegeneratif. Meskipun sel-sel memiliki beberapa pertahanan alami, stres yang berlebihan dapat mengakibatkan kematian sel yang disebut dengan 'apoptosis'. Stres yang berlebihan berdampak pada disfungsi saraf yang menginduksi apoptosis neuronal dan berperan penting dalam penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Huntington.

Stres juga bisa diakibatkan oleh pengaruh lingkungan, seperti polusi. Oleh karenanya, mulai disiplinkan diri untuk menjalani gaya hidup sehat dengan tidak merokok, menggunakan masker saat berada di luar ruangan dan sejenisnya. Semuanya berpulang pada diri sendiri, semangat dan motivasi Anda.

Jika Anda didera stres, Anda dapat mengalihkannya ke hal-hal positif seperti hobi dan edukasi. Hadapilah hidup dengan pasrah dan berpengharapan, serta tak lupa untuk selalu bersyukur. Dengan bersyukur, aura positif akan terpancar dari dalam diri.

Tidur yang cukup juga sangat memberi keuntungan bagi tubuh dan kulit Anda. Jangan sampai berhutang tidur. Tidur yang berkualitas selama 7-8 jam di malam hari, akan sangat membantu tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak. Saat Anda tidur tenang darah akan membawa seluruh makanan bagi kulit, membuang racun dan menyuplai nutrisi ke seluruh tubuh. Namun di saat stres, tidur menjadi tidak tenang, akibatnya kulit tampak lelah dan kusam, sehingga Anda akan tampak lebih tua.

Untuk langkah selanjutnya, silahkan dibaca 5 Cara Mencegah Penuaan Dini (Bagian II)

0 Response to "5 Cara Mencegah Penuaan Dini (Bagian I)"