Artikel Terbaru

Bagaimana Penuaan Dini Bisa Terjadi?


Bagaimana Penuaan Dini Bisa Terjadi?
Penuaan dini bisa terjadi jika usia kronologis tidak sama dengan usia biologis, hingga membuat orang tampak lebih tua dari usia sebenarnya yang disebabkan karena polusi, gizi buruk, merokok, penyakit menahun, stres, kurangnya istirahat serta konsumsi makanan/minuman tidak sehat.Yang terjadi berdasarkan riset, banyak diantara kita yang hampir sekitar 22 jam mengalami gangguan kulit. Sekitar 18 jam berada di dalam ruang ber-AC, 2 jam  terpapar polusi dan 2 jam terpapar sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi tidak sehat dan menjadi lebih tua. Menjelajahi misteri penuaan kulit adalah tantangan tersendiri diberbagai riset dermatologi yang telah menguak tabir penuaan dini.

Memang idealnya, penuaan terjadi jika seseorang terlihat seperti usia sebenarnya yang sudah tergolong 'tua', sedangkan penuaan kurang ideal sebaliknya. Penuaan dini adalah proses penuaan kulit yang lebih cepat dari semestinya. Banyak orang mulai melihat timbulnya kerutan di kulit wajah pada usia relatif muda, bahkan pada usia awal 20 tahun, penuaan dini inilah yang disebut penuaan ekstrinsik (photoaging).

Faktor internal penuaan biasanya disebabkan oleh adanya gangguan dari dalam tubuh. Misalnya, sakit yang berkepanjangan dan kurangnya asupan gizi. Sementara faktor eksternal bisa terjadi karean paparan sinar matahari, populasi, asap rokok, makanan yang tidak sehat dan sebagainya.

Nah, mari kita kenali 10 tanda penuaan kulit
  1. Garis halus
  2. Kerutan atau keriput
  3. Kendur
  4. Kantong mata
  5. Pori-pori membesar
  6. Garis senyum di bibir
  7. Kulit kering, kasar, dan kusam
  8. Tidak Elastis
  9. Noda-noda gelap
  10. Warna kulit (pigmentasi) tidak merata

0 Response to "Bagaimana Penuaan Dini Bisa Terjadi?"